Media Jendela Dunia – Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini
Berita  

Pornas Korpri XVI Dibuka, Ganjar: Menyehatkan, Juga Berdampak Multiplier Effect Wisata dan Ekonomi

SEMARANG – Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia
(Pornas Korpri) ke XVI di Jawa Tengah resmi dibuka, Jumat (14/7/2023) malam. Diikuti 6000 atlet dan ofisial ASN, dari 101 kontingen asal 38 provinsi dan kementerian lembaga, ajang ini diharapkan mampu membawa dampak multiplier effect untuk mengungkit ekonomi dan wisata pascapandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat membuka Pornas Korpri ke XVI di GOR Indoor, Kompleks Stadion Jatidiri, Semarang. Pada kesempatan itu, hadir pula MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, Mendag Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala LKPP Hendrar Prihadi dan Dewan pengurus korpri Zudan Arif Fakhrulloh.

Menurut Ganjar, selain menyehatkan, ajang ini juga membawa dampak ikutan yang bermanfaat bagi warga sekitar. Terutama untuk mengungkit bangkitnya roda ekonomi dan pariwisata.

Oleh karenanya, ia mewanti-wanti seluruh jajarannya di Pemprov Jateng untuk melayani dengan baik para atlet dan ofisial dari seluruh negeri. Ganjar pun mempersilakan peserta Pornas Korpri ke XVI mengadu, bila ada layanan yang tidak maksimal.

“Kalau lah ada yang kurang pas tolong ditelpon biar kami belajar layani bapak-ibu sekalian. Tugas kami sebagai tuan rumah melayani, maka kami tawarkan tempat destinasi, tempat kuliner, agar kawan-kawan yang hari ini kumpul di Kota Semarang kerasan, terhibur, kompetisi bisa menyenangkan,” ujar Ganjar.

Pria berambut putih itu juga menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menarik di sekitar Kota Semarang. Misalnya di wilayah Solo Raya dan Magelang.

“Selama di Jateng kami akan senang temani bapak-ibu ke manapun mau belanja, jadi tolong uangnya jangan disayang-sayang, disimpan. Di sini ada kuliner, jajanan dan wisata, kalau mau keluar dari Semarang, ada Solo Raya dan Magelang,” imbuhnya.

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas mengapresiasi Provinsi Jawa Tengah sebagai penyelenggara Pornas Korpri ke XVI. Selain ajang dengan peserta terbanyak, juga seluruh perwakilan provinsi hadir plus kementerian dan lembaga.

“Kami mengapresiasi tinggi, ini penyelenggaraan teramai. Jateng jadi magnet saya kira, karena tadi mampir tempat kuliner penuh dari berbagai kontingen Pornas,” paparnya.

Selaras, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap ajang ini membuahkan multiplier effect. Oleh karenanya, ia sudah memerintahkan jajarannya melayani para kontingen dengan prima, hingga event ini berakhir pada 21 Juli 2023.

“Multiplier effectnya luar biasa, karena ada 6.000 atlet dan offisial serta pelatih, belum penggembiranya. Harapannya, tamu ketika selesai acara bisa perpanjang stay di Semarang,” urainya.

Terakhir, Hevearita berharap peserta ajang ini tak segan menyampaikan kritik, jika ada layanan yang tidak prima.

“Tentunya banyak destinasi wisata yang disiapkan, kuliner. Oleh karenanya kami sampaikan ke camat lurah, buat wilayah masing-masing nyaman, bersih (harga) kuliner jangan mremo (menaikkan harga), bila ada ditemukan tak mengenakan segera diupdate diberitahu, sehingga para tamu nyaman di Semarang,” pungkasnya.

Seperti diketahui Pornas Korpri XVI dihelat di Jawa Tengah, dan melibatkan 6.000 atlet serta ofisial. Ajang ini diikuti 101 kontingen dari 63 lembaga/ kementerian serta 38 provinsi. Adapun, medali yang diperebutkan adalah 54 emas, 54 perak dan 71 perunggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *