Berita  

Pesta Siaga Karangkobar, Tantangan Gerakan Pramuka Saat Pandemi

Keterangan foto: suasana Pesta Siaga Kwartir Ranting Karangkobar di SMPN 2 Karangkobar Banjarnegara (dok)
Keterangan foto: suasana Pesta Siaga Kwartir Ranting Karangkobar di SMPN 2 Karangkobar Banjarnegara (dok)

SEMARNEWS.COM | BANJARNEGARA – Pengurus Pramuka Kwatir Ranting Karangkobar menggelar Pesta Siaga di komplek SMPN 2 Karangkobar, Banjarnegara, Sabtu (19/2/2022).

Alternative Text

Gelaran tersebut serasa istimewa karena masih dalam suasana pandemi, “Tahun ini bisa disebut Pesta Siaga Istimewa, dengan tantangan di masa pandemi kegiatan pesta siaga harus tetap berjalan sebagai salah satu ajang evaluasi, silaturahmi dan meraih prestasi bagi adik adik pramuka siaga” kata Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Karangkobar Arman Riyadi saat membuka kegiatan Pesta Siaga.

Pesta Siaga Kwarran Karangkobar dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan ketat yang diatur jam kedatangan setiap gugus depan atau pangkalan sekolah serta dibatasi pengunjung.

Dia berharap eksistensi gerakan pramuka dalam mengembangkan pendidikan bagi generasi muda terus berjalan dengan baik. Dia juga berpesan agar anggota pramuka yang ada tetap semangat berlatih.

“Kepada adik-adik pramuka siaga agar jangan bosan dan teruslah berlatih, teruslah belajar untuk mengapai cita-cita sekaligus dalam rangka membina diri menuju generasi muda yang tangguh dan berkarakter,” pesannya.

Sementara, Ketua panitia kegiatan Siti Mulyati mengatakan Pesta Siaga kali ini mengacu pedoman dari Kwartir Cabang ada beberapa kegiatan yang dilombakan. Antara lain ketaqwaan, karakter siaga, siaga pintar, ketrampilan pramuka, fun ball dan bumbung kemanusiaan.

“Sebanyak 32 sekolah tingkat SD dan MI saling berkompetisi guna menjadi yang terbaik dengan menunjukkan kegigihan serta penguasaan materi yang telah diberikan oleh kakak Pembina “ ujarnya.

Lewat kegiatan pesta siaga diharapkan selain sebagai sarana untuk mengukur seberapa besar hasil pembinaan di gugus depan yang dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan dengan menerapkan pola latihan teratur tentunya menggunakan metode dan pembelajaran yang kekinian mengikuti perkembangan jaman.

Dirinya berharap anggota pramuka dapat menjadi seperti kelapa yang berguna di setiap bagiannya dengan karya-karya yang ditulis indah dan berguna bagi sesama, nusa dan bangsa.

Dalam Pesta Siaga 2022 ini SDN 1 Pagerpelagi muncul sebagai juara 1 Putra dan SDN 2 Binangun sebagai juara 1 putri. Dengan demikian keduanya berhak mewakili Kecamatan Karangkobar untuk berlaga dalam event serupa tingkat Kabupaten yang akan dihelat Maret mendatang di Politeknik Banjarnegara. (HQ)

Alternative Text
Alternative Text

Tinggalkan Balasan