Media Jendela Dunia – Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini
Berita  

Komitmen Cegah Radikalisme-Terorisme di Kalangan Mahasiswa, YP 17 Surakarta Tandatangani MoU Dengan FKPT Jateng

Semarnews.com | Karanganyar – Yayasan Pendidikan 17 (YP 17) Surakarta hari ini (7/6/2018) melakukan MoU dengan FKPT Jateng di Pendopo Bupati Karanganyar, jalan Lawu, Kabupaten Karanganyar. MoU berisikan tentang komitmen pencegahan radikalisme-terorisme di kalangan mahasiswa. Ketua YP 17 Surakarta, Dr Tatik Suryo MM menyatakan kegelisahannya atas berbagai kabar tentang tingginya prosentase mahasiswa yang terpapar radikalis.

Dikatakan, bahwa berbagai kabar berita tentang banyaknya jumlah mahasiswa yang terpapar radikalisme membuatnya miris. Terlebih lagi, hal tersebut terjadi di Universitas Negeri favorit di Indonesia. Untuk itu, kata Tatik, YP 17 meneguhkan komitmen dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI dengan menyambut baik dan menerima ajakan bekerjasama dalam pencegahan radikalisme-terorisme di kalangan mahasiswa.

Sementara, Ketua FKPT Jateng, Dr. Drs. Budiyanto, SH, MHum dalam Seminar Nasional menegaskan pentingnya menjaga keluarga dan institusi pendidikan dari paham radikalis-teroris. Saat diwawancarai sejumlah awak media, Budiyanto mengatakan bahwa di Jawa Tengah telah banyak organisasi kepemudaan, lembaga pendidikan keagamaan dan pesantren yang menjadi mitra strategis FKPT Jateng dalam pencegahan radikalisme-terorisme.

“FKPT sengaja mengajak YP 17 sebagai mitra dalam pencegahan radikalisme-terorisme,” kata Budiyanto, “Sebab, zona merah radikalisme-terorisme di jateng memang di karesidenan Surakarta salah satunya,” imbuhnya, “untuk itu sangat tepat bila ada lembaga pendidikan ataupun pesantren berkomitmen mencegah radikalisme-terorisme bersama dengan FKPT. Kejahatan itu muncul bila masyarakat rendah kepedulian dan partisipasinya,” tegasnya.

Ditambahkan, FKPT hadir dan mengisi acara Seminar Nasional bertemakan ‘Menangkal Paham Radikalisme dan Ekstrimisme’ YP 17 Surakarta sebagai representasi BNPT yang berhalangan hadir. Perlu diketahui, Yayasan Pendidikan didirikan 17 sejak 1958 oleh Keluarga Besar Pelajar Pejoang TNI Brigade 17. Sebagai penyelenggara pendidikan bagi bangsa Indonesia, Yp 17 merupakan monumen hidup yang dipersembahkan kepada bangsa dalam rangka mendidik, dan membentuk kepribadian bangsa berdasarkan Pancasila. (HQ.semarnews)
—————

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *