Berita  

Kemudahan Akses Perizinan Bagi Industri Dorong Pertumbuhan Ekonomi

gus yasin

Cilacap – Peran pemerintah daerah dalam mendorong tumbuhnya industri di Jawa Tengah sangat diperlukan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah memberikan kemudahan akses perizinan bagi industri dan pelaku UMKM.

Alternative Text

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin maimoen, mengatakan dengan kemudahan akses perizinan, akan merangsang pelaku UMKM dan industri, untuk tumbuh dan berkembang.

“Anda semua saat ini menjadi tonggak bagaimana perusahaan khususnya UKM bisa berkembang. Saya ucapkan selamat, kepada Pemkab Cilacap yang berkomitmen mendorong, mempermudah perizinan (usaha) dalam pertumbuhan ekonomi,” kata Taj Yasin saat meresmikan pabrik PT. Bharata International Pharmaceutical di Desa Cipari, Rabu (02/03/2022).

Taj Yasin menjelaskan dengan banyak munculnya industri dan UMKM, akan menyerap lebih banyak tenaga kerja. Sehingga, pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah dapat dikejar bersama-sama.

Dia ingin agar perusahaan bisa menyerap tenaga kerja lokal dan anak muda. Baginya, anak muda dapat menjadi tonggak pemasaran yang bagus dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Artinya di tengah pandemi pertumbuhan angkatan kerja kita naik. Saya yakin, para pelaku UKM yang berkontribusi,” tandasnya.

Menambahkan, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rahman, mengatakan saat pandemi Covid-19, sebanyak 90 persen pelaku industri UMKM terkena dampaknya.

Menurutnya, 10 persen industri UMKM yang tidak terdampak memanfaatkan metode digital marketing dengan bagus. Salah satunya, lanjut dia, adalah PT. Bharata International Pharmaceutical.

Syamsul mengusulkan agar PT. Bharata International Pharmaceutical, dapat memberikan informasi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi obat tradisional.

“Nanti untuk bahan kalau bisa ditanam ke Cilacap kami akan dorong untuk ditanam masyarakat Cilacap bisa diaetorkan di pabrik ini. Sehingga nanti benar-benar ekonomi bergerak di Cilacap,”kata dia.

Sebelum meresmikan pabrik PT. Bharata International Pharmaceutical, Taj Yasin juga menyempatkan mengunjungi pabrik obat tradisional De Nature di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Dia meninjau proses pembuatan obat tradisional.

Alternative Text
Alternative Text

Tinggalkan Balasan