Berita  

GP Ansor Jateng Luncurkan Aplikasi SiAkang untuk Dukung Akreditasi PAC

siakang

BLORA – Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah meluncurkan sistem aplikasi untuk mendukung pelaksanaan akreditasi kegiatan dan kepengurusan di tingkat Kecamatan atau Pimpinan Anak  Cabang (PAC).

Aplikasi yang diberi nama Sistem Akreditasi Ansor Jawa Tengah (SiAkang) ini, dilaunching pada Sabtu (5/3/2022) di Blora, Jawa Tengah.

Alternative Text

Sekretaris PW GP Ansor Jateng, Fahsin M Faal mengungkapkan, aplikasi SiAkang ini merupakan karya kader GP Ansor dari Bidang Media dan Teknologi Informasi PW GP Ansor Jateng.

“Adanya aplikasi SiAkang ini merupakan terobosan terbaru di tengah perkembangan teknologi informasi yang terus bergerak untuk menunjang proses akreditasi,” kata Fahsin.

Dijelaskannya, nantinya setiap PAC dapat mengisi kolom komponen akreditasi yang tersedia pada aplikasi SiAkang secara mandiri. Data dokumentasi kegiatan, data keanggotaan, data surat keputusan (SK), dan lain-lain dapat diunggah melalui kolom yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

Sedangkan bagi tim penilai atau asesor, nantinya dapat melihat laporan hasil kinerja tiap PAC berdasar atas unggahan tersebut. Nilai akan keluar ketika asesor telah melakukan koreksi.

“Jadi ini sekaligus memudahkan bagi asesor saat memverifikasi data antara yang dilaporkan dengan yang ada di lapangan,” katanya.

Fahsin mengungkapkan, pada pelaksanaan akreditasi PAC GP Ansor Jateng digelar mulai 5-15 Maret 2022 se Jawa Tengah ini, selain menggunakan SiAkang juga dilakukan verifikasi factual. Hal itu untuk memastikan bahwa laporan yang disampaikan benar adanya.

Adapun, akreditasi merupakan ketentuan yang telah diatur dalam Peraturan Organisasi (PO) GP Ansor yang berfungsi untuk mengetahui kelayakan dan kinerja organisasi dengan mengacu pada indikator-indikator yang ditentukan.

Kemudian mempertanggungjawabkan kegiatan organisasi sesuai dengan visi dan misi GP Ansor. Serta meningkatkan kualitas atau kinerja organisasi.

Prinsip Akreditasi GP Ansor antaralain; Obyektif, yakni informasi obyektif tentang kelayakan dan kinerja organisasi. Efektif, yakni hasil akreditasi organisasi dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan. Komprehensif, yakni penilaian dilakukan dari berbagai aspek secara menyeluruh. Memandirikan, yakni organisasi dapat meningkatkan kualitas berdasar pada evaluasi internal.

Wakil Ketua PW GP Ansor Jateng yang juga Ketua Bidang Media dan Teknologi Informasi, M Nur Huda menambahkan, aplikasi SiAkang ini dibuat dengan tampilan sesederhana mungkin untuk memudahkan bagi kader-kader di PAC saat mengunggah data komponen akreditasi.

Masing-masing PAC nantinya akan diberi akun user dan password untuk mengakses SiAkang.

“Kami berharap aplikasi SiAkang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” imbuh M Nur Huda.(*)

Alternative Text
Alternative Text

Tinggalkan Balasan