Pentingnya Pengajaran Akhak Dalam Pendidikan Karakter Anak

 Penulis :Luthfi Rinda M N

 

Pentingnya pendidikan akhlak terhadap karakter anak sangatlah penting.Disaat seperti ini yang dimana zamannya dipenuhi dengan perubahan, yang semakin lama budaya luar makin berkembang dan menyerap sehingga akibatnya akhlak anak menjadi taruhanya. Anak-anak yang jauh dari ajaran Islam membuat pola pikir cenderung pada hal yang negatif. Sehingga menunjukkan perilaku yang tidak baik terhadap teman, keluarga maupun lingkungan sekitarnya.

Faktor yang menyebabkan anak kurang memiliki akhlak yang baik adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, sibuknya orang tua mencari nafkah. Mereka lupa dengan hakekatnya untuk memberikan pendidikan akhlak kepada anak dan kasih sayang,  Sehingga pembentukan akhlak kepada anak sangatlah kurang . Dalam (QS. At-Tahrim:6).  Allah Ta’ala berfirman. “Wahai orang-orang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu megerjakan apa yang diperintahkan” 

Karena anak merupakan anugrah dari Allah, sudah sepatutnya sebagai orang tua harus bisa memberikan pendidikan terbaik untuk masa depan anaknya. Oleh sebab itu kewajiban bagi orang tua yang paling utama adalah mendidik anak dengan membekali pendidikan agama dimulai sejak dini. Dari sini timbul pertayaan. Mengapa pendidikan agama itu penting bagi anak? Jawabanya adalah supaya anak dapat hidup secara terterah mulai sejak dini dan tau kalo hidup itu ada aturan dan juga tujuan. . Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi dan Ath-Tabharani dalam Mu’jamul Kabir. Al-imam Muslim rahimahullah meriwayatkan, “setiap manusia dilahirkan ibunya di atas fitrah. Kedua orangtuanya yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, Majusi”.dari hadits tersebut menjelaskan bahwasanya manusia memiliki sifat pembawaan sejak lahir yang kokoh di atas islam.

Dalam Islam, pentingnya pendidikan karakter terhadap anak dapat mengacu kepada kepribadian Nabi Muhammad saw. Profil beliau tidak mungkin diragukan lagi bagi setiap muslim, bahwa beliau merupakan  panutan terbaik sepanjang zaman. Salah satunya Dengan cara membiasakan anak untuk beribadah. Beribadah merupakan hal yang wajib bagi seluruh ummat muslim di dunia . Dalam mengajarkan tentang pentingnya beribadah kepada Allah sejak dini kepada anak, yaitu dengan cara mengajarkan kepada anak tentang tata cara shalat yang benar itu seperti apa, tata cara berpuasa, serta ibadah-ibadah sunnah lainnya. Tidak hanya mengajarkan tentang tata cara beribadah saja, tetapi anak juga harus dilatih dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Jika anak mulai malas atau kerap kali lupa,orang tua bisa memberikan teguran atau hukuman yang tidak memberatkan anak.

Selanjutnya yaitu memberikan lingkungan yang baik.  Anak-anak sangat mudah sekali untuk meniru orang lain. Jika anak dibiarkan berada di lingkungan yang tidak mendukungnya untuk menjadi pribadi yang baik, bukan  tidak mungkin anak akan memiliki sifat yang buruk. Mungkin anak akan bersifat suka memarahi hal yang ada di sekitarnya, atau membakang terhadap orang tua, jika sudah seperti ini kewajiban orang tua yakni melarang anak untuk bermain lagi dengan lingkungan yang seperti itu.

Kemudian mengajarkan nilai-nilai islam dan menguatkan akhlak.Salah satu penyebab terbesar anak tidak taat kepada agama dan orang tuanya adalah akibat kurangnya nilai islam dalam diri anak. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban orang tua untuk senantiasa menguatkan akhlak anak secara pelan tapi pasti, serta terus memberikan motivasi dan dukungan terhadap anak. Ketika memiliki waktu luang orang tua bisa melakukan sebuah hal yang dapat memberikan nilai-nilai islam kepada anak secara universal atau menyeluruh dan tentunya dapat diterima oleh anak. Contohnya seperti,membacakan kisah keteladanan nabi dan sahabat. Kemudian nilai-nilai islam juga dapat dipupuk melalui film islami yang mendidik. Yang di dalamnya anak bisa mengambil pesan singkat sehingga selain menonton anak juga bisa belajar tentang pendidikan islam untuk kehidupannya.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa peran keluarga sangatlah penting terhadap pembentukan karakter anak, terutama orang tua. Untuk itu sudah sepatutnya sebagai orang tua harus bisa menjadi contoh yang baik terhadap anak anaknya nanti.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Berita

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *