Moderasi Beragama Di Kaum Milineal

Penulis :Ainur Rofi’ah


Indonesia adalah Negara yang majemubanyak etnis, bahasanya juga beragam jadi pada dasarnya kita harus saling menghargai perbedaan dan kita juga harus bisa hidup berdampingan.  Setiap agama pastinya mengajarkan tentang kasih sayang, rasa peduli, kedamaian , saling menghormati dan menghargai kepada orang-orang yang berbeda aqidahnya, agamanya, suku, budaya dan juga bahasa.

Menambah nilai-nilai agama bagi kaum milenial sangat diperlukan untuk menanamkan nilai agama kepada kaum milenial, selain melalui media langsung, namun juga disertai dengan media digital untuk mempermudah menambah wawasan .

Di zaman yang semakin moderen ini dengan teknologi yang semakin canggih , kita dapat memperoleh informasi dengan mudah dan kita dapat menggunakan teknologi itu dengan sesuka kita , tergantung kita bisa menggunakannya kedalam hal positif atau hal negatif.

Dakwah moderasi beragama sangat penting disampaikan oleh pendakwah konvensional. Serta dibantu dengan dakwah  secara digital dengan kemasan yang sangat menarik, karena sekarang ini semuanya serba digital . maka situs-situs dakwah harus terus dibangun agar umat islam bisa lebih mudah memahami moderasi beragama dan tidak mudah terjerumus kepada ideologi radikalisme agama.

Dibandingkan dengan yang dilakukan ketika pada zaman rasulullah dan sahabat, mereka menggunakan media dakwah qauliyah bi al-lisan dan dakwah fi’liyah  bi al-uswah. Beda dengan yang di lakukan anak milenial jaman sekarang, banyaknya media baru seperti surat kabar,majalah, sosial media, jurnal, televisi, radio dan sebagainya mempercepat penyebaran kegiatan dalam menunjang materi dakwah yang disampaikan.

Pentingnya menguatkan pandangan keagamaan yang moderat untuk kaum milenial . sebagai energi yang sangat berpengaruh . kaum milenial harus punya semangat beragama yang moderat, pertengahan, toleran, santun, damai, membawa pada kebaikan dan persaudaraan bukan beragama yang penuh dengan kebencian, kekerasan, dan membawa perpecahan.

Untuk itulah gerakan moderasi beragama yang seharusnya digalakkan. Khususnya oleh generasi  milenial sebagai gerakan bersama seluruh komponen bangsa.  Baik pemerintah maupun kelompok masyarakatnya, agar segala kebencian dan pertikaian dalam kehidupan beragama dapat secara cepat dihilangkan.

Generasi milenial harus menjadi pelopor terciptanya kehidupan beragama yang toleran, damai, santun dan menghargai kemanusiaan. Caranya dengan mendukung dan mensukseskan gerakan moderasi beragama dalam setiap kehidupan masyarakat. 

 

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Berita

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *