Keutamaan-keutamaan Bulan Rabiul Awal yang Perlu Diketahui

 Rabiul Awal merupakan bulan yang diberi nama oleh Kilab bin Murrah, buyut kelima dari Nabi Muhammad SAW. Kenapa dinamakan “Rabi” ?? karena pada bulan itu telah tejadi suatu peristiwa perang yang dilakukan oleh orang Arab. Rabi ini merupakan sebuah pengilustrian tentang perang yang terjadinya ketika mulai musim subur dan banyak korban yang berjatuhan. Adapula yang menceritakan bahwa Rabi memiliki arti “alam” karena pada bulan itu kondisi tanaman sedang suburdan berbuah. Oleh karena itu, muncullah sebuah nama bulan Rabiul Awal. 

Rabiul awal merupakan salah satu bulan hijriah yang memiliki makna tentang peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW atau bisa disebut momen kelahiran Nabi Muhammad SAW. Rabiul awal memiliki banyak makna dan sarat banyak kebaikan yang berlimpah. Pada bulan ini, banyak sejarah yang terjadi dengan dimulai dari Shalat Jum’at dan adanya bangunan Masjid pertama kali di dunia ini serta terdapat banyak keutamaan. Begitu banyak peristiwa penting di bulan Rabiul Awal, sehingga seluruh umat Islam di dunia memuliakan bulan Rabiul Awal 

Tentunya memuliakan bulan Rabiul Awal itu bukan tanpa alasan, karena pada bulan Rabiul Awal merupakan peristiwa lahirnya Nabi Muhammad SAW, pada bulan Rabiul Awal adanya peristiwa Nabi Muhammad SAW hijrah atau meninggalkan Kota Mekkah menuju kota Mdinah. Pada bulan Rabiul Awal ini juga Nabi Muhammad SAW wafat. 

Adapun keutamaan-keutaman Rabiul Awal yang sejatinya perlu kita ketahui untuk seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Diantaranya:

Bulan Lahirnya Pemimpin seluruh umat Islam di dunia

Bulan Rabiul Awal menjadi suatu sejarah bagi umat Muslim di seluruh dunia, lebih tepatnya pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awal di Tahun Gajah merupakan kelahiran Nabi Agung Mhammad SAW. Tanggal 12 Rabiul Awal tercatat menjadi sejarah lahirnya Pemimoin Rahmatal Lil’ Alamin atau Rahmat untuk seluruh alam semesta dan Nabi Muhammad SAW. 

Bulan Kelahiran dan Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang sangat penting bagi seluruh umat Muslim karena pada bulan ini terjadi dua peristiwa yang sangat penting yaitu kelahiran dan wafatnya Bagunda Nabi Muhammad Saw. 

Bulan yang disunnahkan untuk memperbanyak SholawatBulan Rabiul Awal atau biasa disebut bulan Maulid, bulan ini selalu digunakan kegiatan-kegiatan untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW seperti melakukan berjanzi selama 12 hari  dan serta memperbanyak sholawat serta salam kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Bulan yang Penuh Berkah dan Ampunan

Bulan Rabiul Awal menjadi momen atau peristiwa yang bisa dimanfaatkan untuk mencari keberkahan yaitu dengan cara melakukan suatu perkumpulan untuk bersholawat bersama di Masjid atau majelis-majelis yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dengan begitu kita sudah bersyukur dapat melakukan kebaikan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap Baginda Nabi Muhammad SAW. 

Mendapatkan Rahmat Allah SWT 

Memperingati Maulid Nabu Muhammad SAW, kita akan memperoleh Rahmat Allah SWT. yaitu Taman Surga, berkumpul dengan golongan orang-orang yang dimuliakan oleh Allah, dibangkitkan bersama orang yang sedang berjalan di agama Allah SWT, orang-orang yang sholeh. 

Ungkapan Rasa Cinta kepada Nabi Muhammad SAW

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan untuk mengagungkan dan mengungkapkan rasa cinta kita kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Menumbuhkan rasa cinta dan mahabbah kepada Nabi Muhammad SAW. 

Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Umat Islam 

Bagi setiap muslim, kecintaan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap muslim untuk meningkatkan iman dan taqwa kita. Kecintaan, keimanan, dan ketaqwaan setiap muslim harus berada dibarisan paling depan dan harus melebihi dari segalanya termasuk diri sendiri. 

Mengamalkan Kebaikan

 Bulan Rabiul Awal merupakan bulan untuk melakukan kebaikan dan amalan-amalan yang banyak pada bulan kelahiran Nabi Muhammad  SAW seperti membaca Al-Qur’an, membaca Sholawat, memperbanyak amalan bersedekah, dan masih banyak lagi amalan-amalan kebiakan yang dapat kita lakukan.  Memuliakan dan membesarkan Nabi Muhammad SAW 

Bulan Rabiul Awal menjadi bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW dan menjadi bulan kebesaran Nabi Muhammad SAW sehingga memiliki banyak makna kebaikan tersendiri yaitu Maulid Nabi. 

Dibangkitkan pada Hari Kiamat

Apabila pada bulan Rabiul Awal seseorang dikumpulkan dengan banyak sanak saudara dan keluarga untuk menghormati dan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, maka janji Allah SWT akan dibangkitkan pada hari Kiamat dalam keadaan Islam kelak.  

Demikian keutamaan-keutamaan bulan Rabiul Awal yang dapat diketahui yang merupakan salah satu peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW, semoga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. 

 

Nama : Khirzatun Nafisah 

Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas : Tarbiyah Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati (IPMAFA)

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Berita

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *